Senin, 29 April 2013

Seleksi Puyuh Jantan Dan Betina

Tujuan dari penyeleksian ini adalah untuk memisahkan puyuh jantan dan puyuh betina, Untuk jenis puyuh jepang seleksi puyuh jantan dan betina sebaiknya di lakukan di usia 25 hari ke atas, hal ini bertujuan untuk meminimalkan terjadinya kesalahan dalam menentukan jenis puyuh jantan atau betina.

Untuk menyeleksi puyuh jantan atau betina bukanlah hal yang sulit, jika sudah mengetahui ciri-ciri khas dari puyuh jantan dan betina. mengetahui ciri khas, sangat penting dalam hal menyeleksi puyuh, hal ini bertujuan agar memudahkan kita dalam mendeteksi jenis puyuh jantan atau betina, dengan corak dan pola warna yang beraneka ragam.

A. Ciri Khas Puyuh Jantan
Berbicara tentang ciri dan corak, maka puyuh jantan memiliki pola dan corak yang paling beraneka ragam, hal ini pula yang menyebabkan banyak terjadi kesalahan dalam hal mendeteksi jenis kelamin dari burung puyuh.

Corak yang paling umum dari puyuh jantan adalah, di bagian dada puyuh jantan memiliki corak yang berwarna pirang dengan warna yang cerah(warna rambut jagung), seperti gambar dibawah.

Corak lain yang juga dimiliki puyuh jantan adalah warna pirang yang sedikit kabur, seperti gambar dibawah.

Corak lain dari burung puyuh yang paling sering terjadi kesalahan dalam penyeleksian adalah corak dengan warna pirang tetapi terdapat bintik kehitaman seperti yang terdapat pada puyuh betina, lihat gambar.


B. Ciri Khas Puyuh Betina
Corak bulu pada puyuh betina tidak sekompleks yang terdapat pada puyuh jantan. Puyuh betina umumnya memiliki ciri khas di bagian dada berwarna putih dengan bintik-bintik hitam, dan corak lain pada puyuh betina dibagian dada berwarna pirang pudar tetapi tetap memiliki bintik-bintik hitam.

Binti hitam merupakan ciri khas dari puyuh betina, ada beberapa puyuh jantan juga memiliki bintik seperti puyuh betina, hanya saja bintik pada puyuh jantan berwarna pirang.

5 komentar:

Unknown mengatakan...

Makasih mas sangat bermanfaat bagi saya sebagai pemula peternak puyuh

Anonim mengatakan...

mas kalo cara mengawinkan gmn?

Unknown mengatakan...

Ada puyuh jantan dengan bulu totol/zebra,ada testisnya itu bgmna?
Mohon pencerahannya,trim's

Unknown mengatakan...

Ada puyuh jantan dengan bulu totol/zebra,ada testisnya itu bgmna?
Mohon pencerahannya,trim's

Unknown mengatakan...

Klu yg puyuh betina mengeluarkan busa tidak dari duburnya soalnya disini di jelaskny hanya dari ciri dada saja dan untuk kelaminnya MHN di jelaskan antara betina dan jantan?
Makasih sblmnya

Posting Komentar