Senin, 15 April 2013

Mempersiapkan Kandang Anakan

Kandang anakan di peruntukkan bagi puyuh yang baru menetas yang berusia 1 hari sampai 15 hari. Penghitungan umur atau usia puyuh yang baru menetas di mulai pada waktu burung puyuh di pindahkan dari penetasan ke kandang anakan, sedangkan selama di penetasan puyuh di hitung berusia 0. Persiapan kandang anakan meliputi, pemasangan alas, pemasangan bola lampu, pemberian pakan dan minuman.

A. Pemasangan Alas
Pemasangan alas menggunakan koran bekas dan memiliki 3 bagian atau lapisan. Setiap lapisan nantinya akan di buka atau di lepas seiring dengan bertambahnya usia atau umur puyuh.

Alas pertama, ambil satu lembar koran dan dilipat kemudian di letakkan di bagian belakang kandang anakan, hal ini di lakukan sebanyak dua kali dan hasilnya akan terlihat seperti gambar di bawah.

Alas kedua, ambil dua lembar koran dan lipatannya di buka kemudia di letakkan di atas lapisan pertama, hal ini dilakukan dua kali dan hasilnya akan terlihat seperti gambar dibawah.

Alas ketiga sama seperti yang dilakukan pada alas kedua, hanya saja koran di letakkan di bagian depan kandang anakan, dan hasilnya akan seperti gambar dibawah.

Alas ketiga akan dibuka atau di lepas pada saat usia puyuh memasuki usia 5 atau 6 hari, dan alas kedua di buka atau di lepas pada saat puyuh berusia 8 atau 9 hari. Sedangkan alas pertama tidak di lepas sampai puyuh berusia 15 hari atau puyuh siap di pindahkan ke kandang dara. Pembukaan atau pelepasan alas ketiga akan terlihat seperti gambar dibawah.


B. Pemasangan Bola Lampu
Bola lampu pada kandang anakan selain berfungsi sebagai penerangan juga berfungsi sebagai pengatur suhu. Setiap sangkar membutuhkan 3 buah bola lampu, 2 buah 40 watt dan 1 buah 5 watt.

Tiga bola lampu tidak semuanya di gunakan seiring dengan bertambahnya usia atau umur puyuh. Terutama pada siang hari. Kalau suhu siang hari terlalu panas maka lampu 40 watt akan dimatikan dan hanya menggunakan lampu 5 watt, hal sebaliknya dilakuakan jika kondisi cuaca atau suhu dingin dimalam hari, maka ke 3 lampu harus dihidupkan, jika dirasa panasnya belum cukup maka hal ini bisa dibantu dengan menutup rapat pintu kandang anakan.

C. Pakan dan Minuman
Pemberian minuman sama dengan puyuh dewasa dan menggunakan botol minuman puyuh dewasa hanya saja pada bagian puyuh minum harus diberi kerikil agar puyuh tidak masuk ke dalam tempat penampungan minuman (berenang). Pemberian pakan anakan haruslah pakan khusus anakan dan tidak boleh di beri pakan puyuh petelur, karena hal ini akan bisa mengakibatkan kelumpuhan pada anakan puyuh dan bisa juga berakibat kematian mendadak.

Puyuh yang baru dipindahkan ke kandang anakan sebaiknya diberi vitamin anti stress 3 hari berturut turut siang dan malam hal ini bertujuan untuk menjaga kondisi fisik anakan puyuh. Selain menggunakan vitamin sebagian peternak ada juga yang menggunakan gula merah yang dicairkan sebagai minuman untuk puyuh anakan.

0 komentar:

Poskan Komentar