Selasa, 19 Maret 2013

Kandang (Bag. 2)

Kandang merupakan bagian terpenting dalam hal berternak, tidak terkecuali ternak puyuh. Kandang puyuh dibagi menjadi dua, yaitu gudang dan sangkar. Gudang untuk ternak puyuh telah dibahas pada artikel sebelumnya, yaitu Kandang (Bag. 1), silakan baca artikel Kandang (Bag. 1) untuk mengetahui syarat yang harus dipenuhi untuk membuat gudang puyuh.

Kandang (bag. 2) akan membahas kandang puyuh atau sangkar puyuh. Sangkar adalah tempat dimana puyuh akan di sangkar (kurung), segala macam aktivitas burung puyuh seperti makan, minum dan bertelur dilakukan di dalam sangkar, oleh karena itu pembuatan sangkar harus dibuat senyaman mungkin buat puyuh.

Model sangkar puyuh sangatlah bervariasi dan tidak ada standar-standar tertentu, tidak ada ukuran-ukuran pasti. Sangkar bisa dibuat 4 atau 5 tingkat tergantung keinginan, tampat makan, minum, dan telor bisa diletakkan didepan, belakang dan samping sangkar. pembuatan sangkar puyuh yang harus diperhatikan hanyalah ketinggian tingkat pada sangkar tempat puyuh di kurung dan jarak antara kotoran dengan puyuh.

Ketinggian tingkat sebaiknya jangan terlalu tinggi, untuk daerah panas sekitar 30 cm, dan untuk wilayah yang bersuhu dingin sekitar tingkat 20 - 25 cm. Jarak alas kotoran dengan puyuh sekitar 10-15 cm. Jarak alas kotoran dengan puyuh yang terlalu dekat diharuskan sesering mungkin untuk membongkar kotorannya yaitu 2 hari sekali untuk menghindarkan puyuh dari gas amoniak dari kotorannya, yang dapat mengganggu kesehatan puyuh.

Pembuatan sangkar sebaiknya memperhatikan luas gudang yang dimiliki, ini bertujuan untuk memaksimalkan ruang gudang yang ada. misalnya gudang dengan ukuran 3 x 3,5 meter,maka sebaiknya panjang sangkar yang ideal berukuran 1,2-1,3 m tergantung tempat makan, minum dan penampungan telor diletakkan di depan sangkar atau tidak, jika semuanya didepan maka ukurannya 1,3 m. Semantara untuk lebar sangkar berkisar 60-70 cm.

Sebagai referensi pembuatan sangkar, di bawah ini ada beberapa model sangkar yang bisa menjadi acuan untuk membuat sangkar dan setiap sangkar tentunya akan memiliki kelebihan dan kekurangannya, namun yang harus diketahui, sangkar yang dipilih nantinya harus bisa menampung puyuh lebih banyak, material atau bahan yang lebih sedikit serta berharga murah. Kalapun tidak bisa memenuhi ke tiga kriteria tersebut, minimal memenuhi kriteria menampung banyak puyuh dan murah.

1. Jenis sangkar ini lebih banyak diterapkan untuk ayam petelor, ciri khas sangkar ini adalah kotoran puyuh langsung jatuh kelantai. Tempat pakan, minum dan telor berada di depan sangkar, sangkar ini bisa di susun 4 sampai 5 tingkat.

2. Gambar sangkar dibawah ini, meletakkan tempat minum dan pintu memasukkan puyuh berada di depan sangkar, sementara tempat pakan dibuat besar, hal ini bertujuan agar pemberian pakan bisa dilakukan 1 kali untuk 1 atau 2 hari dan diletakkan di samping sangkar, alas kotoran dari plastik polybag yang diberi tulang atau rangka, sangkar bisa dibuat 4-5 tingkat.


3. Sangkar di bawah ini agak sedikit unik, karena tempat menampung telor berada dibelakang sangkar, tempat pakan didepan sangkar dan minum di samping, alas kotoran dari papan triplek, dan dibuat 5 tingkat.

4. Sangkar di bawah ini di buat lebih sederhana, dimana tempat menggantung botol minuman berfungsi ganda, yaitu bisa berfungsi sebagai pintu untuk memasukkan dan mengeluarkan puyuh jika botol minuman dilepaskan. Alas kotoran dari plastik polybag yang di beri rangka dan bisa ditukar dengan papan triplek.


5. Tipe sangkar dibawah ini sangat baik, karena alas atau lantai puyuh bisa dilepas, sehingga sangat mudah dibersihkan. Alas kotoran dari papan triplek, pintu, pakan dan penampung telor berada di depan sangkar, dan botol minuman di samping.


6. Gambar dibawah ini agak mirip dengan model sangkar no 5, hanya alas atau lantai puyuh tidak bisa dilepas atau di tarik. Tempat pakan dan penampungan telor di letakkan di depan, botol minuman di samping, sementara pintu untuk memasukkan dan mengeluarkan puyuh melalui alas kotoran jika di lepas atau di ganjal.



0 komentar:

Posting Komentar