Selasa, 12 Maret 2013

Kandang (Bag. 1)

Kandang adalah hal yang penting dalam beternak, tidak terkecuali ternak unggas. Untuk memulai berternak kandang adalah hal yang paling pertama untuk diadakan, baru kemudian hal-hal penunjang lainnya, tidak terkecuali ternak puyuh. Ternak puyuh sangat mengharuskan adanya kandang, selain berfungsi sebagai pelindung dari panas dan hujan, tetapi juga merupakan faktor penentu keberlangsungan ternak itu sendiri.

Untuk budidaya burung puyuh setidaknya kita memerlukan dua jenis kandang, yaitu
1. Gudang, melindungi ternak dari panas dan hujan
2. Sangkar, berfungsi sebagai kandang puyuh.

Untuk membuat gudang puyuh bukanlah hal yang rumit, apalagi kalau gudang yang ingin dibuat untuk industri sekala rumahan. Tapi kalau untuk industri besar ada hal-hal atau standar- standar tertentu yang harus di terapkan dalam pembangunan gudang. Untuk pembangunan gudang puyuh industri rumahan cukup memperhatikan 3 hal berikut:
1. Sirkulasi udara
2. Pencahayaan
3. Ketinggian gudang

Sirkulasi udara pada gudang berfungsi untuk mengontrol temperatur gudang, sehingga di siang hari tidak terlalu panas dan di malam hari puyuh dalam gudang tidak kedinginan. Oleh karena itu sebaiknya sirkulasi udara dibuat agar bisa dibuka dan ditutup. Sirkulasi udara juga berfungsi agar terjadi pertukaran udara dalam gudang.

Pencahayaan berfungsi agar cahaya yang masuk dalam gudang sesuai dengan yang dibutuhkan, oleh karena itu sebaiknya hindari penggunaan atap transparan pada gudang, karena cahaya yang masuk akan berlebihan dan bisa meningkatkan suhu panas dalam gudang. Suber cahaya yang masuk dalam gudang sebaiknya dari samping (dinding kandang) bukan cahaya langsung dari atas seperti penggunaan atap transparan. Pembuatan sirkulasi udara yang benar akan memberikan pasokan cahaya yang baik dan sesuai dengan kebutuhan puyuh, karena cahaya yang masuk ke dalam gudang nantinya akan melalui sirkulasi udara.

Ketinggian gudang berfungsi untuk mendukung fungsi sirkulasi udara yang dibuat, karena dengan ketinggian yang mencukupi membuat udara dalam gudang akan semakin mudah bertukar. ketinggian kandang juga sangat berpengaruh pada puyuh di sangkar paling atas, karena akan mendapatkan hawa panas yang berlebih di siang hari, akibatnya akan berpengaruh pada produksi telur dan bisa mengakibatkan kematian. Untuk ketinggian gudang disarankan 3 meter atau lebih.

Untuk ukuran luas maksimum gudang puyuh tidak terbatas, sementara untuk luas minimum bisa berukuran 3 x 3.5 meter atau seluas kamar tidur. Bagi peternak yang memiliki gudang dengan luas 3 x 3.5 meter jangan terlalu kuatir mengenai berapa ekor puyuh yang bisa diternakkan, karena dengan pembuatan sangkar yang benar maka gudang dengan ukuran kamar tidur bisa menampung sekitar 1000 ekor puyuh petelur. Perlu diketahui bahwa ternak burung puyuh sangat berbeda denga ternak unggas lainnya, yang membutuhkan area yang luas untuk menampung unggas yang banyak.

Gudang puyuh sebaiknya berdinding kayu, karena kayu memiliki sifat menyerap panas sehingga disiang hari tidak terlalu panas dan di malam hari akan tetap hangat karena panas yang diserap akan dilepaskan. penggunaan terpal untuk dinding sebaiknya di hindari, kalaupun tetap ingin digunakan karena menghemat biaya sebaiknya terpal tidak menutupi semua bagian dinding gudang. Sehingga penerapannya, terpal dibolehkan untuk dinding gudang bagian bawah atau 1 meter dari tanah boleh ditutup dengan tepal untuk melindungi gudang dari percikan air hujan, dan sesudahnya dilanjutkan dengan menggunakan jaring kawat atau yang sejenisnya, dan sesudah jaring kawat bisa dilanjutkan lagi dengan tepal. Kalau diilustrasikan tinggi kandang 3 meter maka, 1 meter pertama terpal, 1 meter jaring kawat dan 1 meter lagi tepal.

Menghindari penggunaan terpal untuk dinding gudang, hal ini dikarenakan sifat terpal yang menampung hawa panas dan tidak melepaskan hawa panas, sehingga hawa panas di dalam gudang yang ditampung oleh terpal akan menjadi uap, gudang akan lembap tapi bersuhu panas.

Pemilihan materi pembangunan gudang sebaiknya disesuaikan dengan suhu, iklim atau tingkat kelembaban di daerah anda, tetapi agar lebih mudahkan anda dalam memilih matei bangunan gudang, sebaiknya menggunakan bahan-bahan yang bersumber dari alam, seperti kayu, bambu, atap daun. Karena bahan-bahan yang diambil dari alam akan lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan atau iklim sekitar.

Artikel ini semata-mata bertujuan untuk berbagi informasi kepada pembaca, dan jika pembaca memiliki.informasi tentang berternak puyuh sudilah kiranya untuk berbagi dengan kami. Sekian dan teima kasih dan selamat mencoba.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

terimakasih ya sudah membantu membuat presentasi tentang burung puyuh

Posting Komentar